Selasa, 14 Oktober 2008

BAHAYA MARKA JALAN

Anda yang sering berkendara pasti sudah biasa melihat marka jalan. Garis putih2 yang ada di tengah jalan tersebut di buat untuk memisahkan lajur jalan dan memberi peringatan kepada pengemudi tentang bagian mana dari jalan tersebut kita tidak boleh menyalip atau harus berhenti.sekilas marka jalan tersebut merupakan hal yang sepele. Namun bagi penegendara motor saya sarankan untuk lebih berhati hati. Karena jika kita menginjak garis putih tsb maka motor akan terasa sedikit oleng.jika kita sendiri tentu tidak berbahaya, namun jika kita membawa beban yang lebih tentu butuh keahlian extra untk mengendalikan motor agar baik jalannya.
Jika dalam keadaan kering saja sudah seperti itu, apa lagi dalam keadaan hujan...?!!
Sebuah kejadian menarik gw temukan hari ini. Berikut data keadaan TKP
Hari : senin, 13 okt -08
Jam : 07.20 wib
Data lintasan :
Cuaca : hujan rintik2 setelah semalaman hujan deras
Suhu udara : 25’C
Suhu lintasan : 29’C
Kelembapan : 80%
kecepatan angin : 2 knot
penggunaan ban ideal :
depan : hard- full wet
belakang : hard – full wet
(data di atas di buat dengan imajinasi)
Saat itu saya sedang berjalan pelan untuk menikmati air hujan saat keadaan jalan sepi, tiba2 sebuah motor dari arah berlawanan tiba2 jatuh. GEDUBBRAKKK........
Seketika pengemudi dan pemboncengnya berhamburan di jalan...
Saya heran g ada angin g ada hujan, g ada kuburan maupun bangunan kosong (dengan asumsi di jatuh di senggol ama JIN) kq itu motor bisa jatuh..????????????
Karena sepi... gw langsung cepat menolong pengemudi tsb untuk meminggirkan motornya. Pemboncengnya mengalami luka cukup parah. Saya lihat pergelangan kakinya sobek +/- 5 cm dengan kedalaman 1 cm (a..lah..sotoy). Setelah membantu tu bapak, gw melihat kondisi motor yang jatuh tadi. Gw heran ....karena tidak ada kerusakan yang cukup untuk membuat motor itu terjatuh.ban g kempes dan rantai masih ok. Lalu kenapa bisa jatuh.....?
Setelah di amati dengan seksama, maka penyebab yang paling masuk akal pasti karena ia menginjak marka jalan.
Untuk lebih meyakinkan, gw pun melakukan experimen kecil. Setelah selesai menolong kedua pengendara motor tsb, gw langsung jalan lagi menuju kantor.saat kondisi sepi gw pun mencoba jalan ke tengah dan memotong marka jalan sekitar 20’ dan ternyata, goyangan gergaji motor saya cukup terasa, hingga ke jantung....BU....SYETTT..!!! setelah berhasil mengendalikan motor supaya (kembali) baik jalannya, gw pun yakin 99,90 % bahwa kejadian kecelakaan tadi di sebabkan oleh marka jalan yang cukup licin dan dapat membuat roda motor kita selip... dapat di bayangkan jika kejadian tadi terjadi saat kondisi jalan ramai... tentu akibatnya akan lebih parah...
Ternyata secara tidak gw sadari, garis putih tsb dpt menjadi neraka jalanan yang setiap saat dapat mengintai pengemudi motor yang kurang waspada....
Ok....perjalanan di lanjutkan kembali hujan sudah mulai reda dan kantor sudah cukup dekat dan tiba2 motor mio yang ada +/- 10 m di depan saya terjatuh....... ia terjatuh di pinggir jalan. Seprtinya sih karena kaget ada yang memotong di depan dia. Wah 4x... seru juga n karena yang jatuh cewek, jadi banyak cowok yang bantuin hehe... dasar.... pas bpk2 tadi malah g ada yang nolong....
hari ini memang hari yang tepat buat terjatuh sepertinya hahahaha....
buat para bikers sejati, berhati2lah di jalan buka mata dan telinga agar selalu selamat di jalan
Salam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar